Categories
Budaya

Manfaat Internet Dalam Proses Dokumentasi Perang Pandan

Sejujurnya saya sangat terbantu dengan adanya internet. Manfaat internet sangatlah banyak. Apalagi di pekerjaan yang saya tekuni.

Seperti contohnya cerita satu ini.

Beberapa minggu lalu saat sedang bersantai di rumah sambil browsing-browsing kenceng menggunakan IndiHome punyanya Telkom Indonesia. Saya menerima pesan pribadi dari bule Rusia. Dia ingin mengajak saya mendokumentasikan Bali dari sisi yang berbeda.

Dia ingin meliput budaya Bali yang benar-benar otentik. Dengan semangat saya menyetujuinya.

Saya pun mulai mencari referensi-referensi budaya apa yang tepat bisa saya angkat. Dengan menggunakan IndiHome provider Internetnya Indonesia. Saya dengan mudah mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan.

Perang Pandan menjadi salah satu budaya yang akan diangkat. Sebuah kegiatan yang diselenggarakan Warga Desa Tenganan setiap 1 tahun sekali.

Desa Tenganan yang berlokasi di Kabupaten Karangasem merupakan salah satu dari Desa Bali asli atau lebih dikenal dengan Bali Aga.

Singkat cerita, Bule Rusia tiba di Bali. 2 hari kemudian saya pun mengajak beliau ke Desa Tenganan. Oh ya sebelum lanjut. Untuk bisa menikmati Desa tersebut kita perlu melakukan donasi. Karena memang Desa tersebut juga sudah menjadi daerah tempat tujuan wisata. Nominal donasinya tidak ada patokannya. terserah kita mau berdonasi berapa.

Oke balik ke cerita.. kami pun melakukan liputan.

Pak Putu sebagai Guide Lokal menjelaskan secara terperinci bagaimana latar belakang Perang Pandan bisa diselenggarakan. Intinya yang saya tangkap. Kegiatan ini adalah bentuk rasa penghormatan warga kepada Dewa Indra (Dewa Perang). *Cerita lengkap Perang Pandan akan saya bahas di post yang akan datang.

***

Liputan pun usai… butuh 4 jam kami disana. Cuman sayangnya karena Kegiatan Perang Pandannya sudah terlewat. Kami pun tidak memiliki video bagaimana Perang Pandan itu berlangsung.

Sampai rumah saya mencari kontak orang yang memiliki video kegiatan yang saya cari. Akhirnya ketemu dengan Bli Rio Wedayana. Beliau punya dokumentasi lengkap. Lalu saya minta beberapa footage untuk melengkapi liputan terkait Perang Pandan.

Karena kami tinggal berjauhan. Beliau kemudian share video lewat cloud. Untungnya ada internet semua jadi lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.