Categories
Umum

Cerita Saya Hadiri Event Unity in Diversity oleh MPR RI

30 Oktober 2021 akhir pekan yang menyenangkan. Setelah sekian lama saya absen menghadiri event-event. Akhirnya saya ikut event yang sangat seru atas undangan teman baik saya Bli Manik. 

Sekilas tentang Bli Manik, beliau adalah seorang Automotive blogger Bali. Kalau mau tahu tentang dunia otomotif bisa dicek blognya beliau di https://www.3835.info.

Kembali kita bahas perihal event. Ini adalah kedua kalinya saya ikut event yang diselenggarakan oleh MPR RI. Saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi kembali. Untuk event yang diselanggarakan di The Anvaya Beach Resort Bali kali ini  mengangkat tema mengenai Unity In Diversity for a Better Indonesia – Bijak dalam bermedia sosial dalam mewujudkan karakter bangsa. Tema ini sangat erat kaitannya dengan 4 Pilar MPR RI. Sebelum lanjut, apakah kamu tahu apa saja 4 pilar MPR RI? Saya pribadi baru mengetahui juga. Karena saat event tersebut banyak yang keliru termasuk saya menyebutkan pilar-pilar dari 4 Pilar MPR RI. Berdasarkan amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berikut adalah 4 Pilar MPR RI :

  1. Pancasila
  2. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  4. Bhinneka Tunggal Ika

Untuk detail pembahasannya kamu bisa pelajari di website resmi MPR RI https://mpr.go.id/sosialisasi/empat-pilar-mpr-ri

Lalu kenapa tema di atas menjadi pembahasan serius di event yang diselanggarakan oleh MPR RI ini? Kamu pasti mengetahui bahwa beberapa tahun terakhir ini jagat maya Indonesia dihebohkan dengan kabar-kabar yang diputarbalikan faktanya atau lebih populer dengan kata Hoax. Biasanya kabar-kabar seperti ini tersebar di grup-grup WA (Terutama Grup WA Keluarga). Hal ini sangat disayangkan sekali. Karena banyak dampak negatif yang ditimbulkan dengan kabar Hoax yang beredar tersebut. 

Agar hal yang lebih buruk tidak terjadi maka MPR RI melalui sosialisasi di event ini mengajak peserta yang barasal dari para blogger dan komunitas untuk bersama-sama mengedukasi agar kita bisa bijak dalam bermedia sosial. 

Ini sejalan dengan niat saya yang ingin sekali melihat lebih banyak berita-berita yang sesuai fakta dan positif.

Hal menarik lain yang saya temui di event ini adalah Ibu Siti Fauziah S.E., M.M  (PEJABAT PENGELOLA INFORMASI dan DOKUMENTASI / Kepala Biro Hubungan Masyarakat) dan Pak Budi Muliawan S.H, M.H (BIDANG PELAYANAN DATA DAN INFORMASI/ Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi)  selaku wakil dari MPR RI mengajak para peserta untuk ikut mengevaluasi bagaimana seharusnya media sosial MPRI RI memberikan informasi kepada masyarak Indonesia. Saat evaluasi tersebut kami dibagi menjadi 4 tim yang disesuaikan dengan 4 Pilar MPR RI. Kemudian satu per satu tim menyampaikan saran serta masukan agar media sosial MPR RI menjadi lebih baik. Oh ya, Kalau kamu ingin tahu media sosialnya MPR RI. Kamu bisa cek linknya di bawah

Twitter MPR RI: https://twitter.com/mprgoid

IG MPR RI: https://instagram.com/mprgoid

FB MPR RI: https://www.facebook.com/mprgoid

Website MPR RI: https://www.mpr.go.id/

Saya pribadi sangat menyambut positif apa yang dilakukan oleh pihak MPR RI untuk dapat mensosialisasikan tema acara ini. Ini yang memang diperlukan sebenarnya agar apa yang dikabarkan merupakan kabar yang faktual dan dapat dipercaya. Sehingga persatuan dalam keberagaman dapat terwujud. Indonesia Satu, Indonesia Maju.

Oh ya sebelum saya tutup… tahukah kamu bahwa untuk mensosialisasikan 4 Pilar MPR RI ke masyarakat luas Pihak MPR RI sampai membuat komik pengenalan 4 Pilar MPR RI? Harapannya, 4 Pilar MPR RI bisa diajarkan sedari dini. 

KOMIK 4 PILAR MPR-RI

Saat event, saya beruntung menjadi salah satu yang memiliki komik ini. Itu pun karena saya sangat ingin memilikinya. Kelak saat saya berkeluarga, saya bisa mengenalkan 4 Pilar MPR RI ke anak-anak saya. 

Leave a Reply